Tips dan Cara Meningkatkan Performa Motor


Buat Yang nyubi ... ato yg pura2 nyubi
berhubung seringnya pengulangan pertanyaan "HSX/NSX ane enaknya diapain yah biar tarikan lumayan tp gak terlalu boros .... bla..bla...bla" yg intinya akselerasi (*lumayan) enteng ... bensin gak boros ...

Berdasarkan :
#Hasil pengumpulan data dari apa yg biasa di lakuken ngehe'ers dimarih
#Hasil interview admin ke beberapa bengkel yg dianggap sebagai Dr. Specialist dan atau berkompeten dibidangnya
#Hasil praktek (*walopun saiyah pribadi ndak mempraktekan semuanya).

Berikut ini Hal dan Hal yg biasanya dilakukan untuk menaikan akselerasi HSX/NSX 125:

#1.Penggantian Gear (*Ratio standard 14-35)
Ada beberapa macam ratio final gear yg bisa diaplikasikan, ini beberapa gear yang pernah dicoba
#- Penggantian Final Gear dengan ratio 14-36 (*standard Supra Fit).
#- Penggantian Final Gear dengan ratio 14-37 (*standard Blade/ aftermarket)
khusus gear blade, tebus gearnya aja yak (depan-belakang) ... klo rantenya cari yg aftermarket.

Note : pergantian ratio gear belakang dari standard ke yg lebih tinggi, akan mengorbankan top speed(kan katanya nyari akselerasi ) yang Cocok buat dikondisi jalan yang muacet dan bertipikal Stop & Go.

#2. Penggantian Coil
kalau kantong masih basah,bisa tuh kantongnya agak dikeringin buat ganti coil. macem- macem merk coil yang bisa dipake (coil XP (160K)/ protec (240K)/ YZ 125 (375K) (*harga sewaktu2 bisa berubah tanpa info2 lagi)

#3. Penggantian CDI (*khusus yg berkarbu)
Bagi yang kantongnya masih basah juga sobat,  tebus dah tuh CDI Rasing (ada BRT, ada
Rextor terserah sobat mau yg adjustable atau programmable juga ada, namun buat harian mah cukup yg adjustable saja ya sob. 

#4. Tambahan Dari lapak sebelah
Kalau kantung masih sobat basahhhhh lanjutttttt......
#- ganti knalpot yg free flow (bobokan)
#- Naikin PJ (tergantung spec mesin klu mesin ga bore up ganti PJ 40 saya kira cukup )
#- Porting & Polish In / Ex
#- Papas Head (buat naikin kompresi biar makin nendang) atau klu ga mau papas dilepas aja gasketnya sob truss tinggal di sealent anti panas
#- Ganti Noken As Racing (rumornya komponen satu ini yg paling signifikan mendongkrak si akselelerasinya)
#- Bore Up (naikin CC)

#5. Tambahan Dari group sebelah
Nambahin lagi deh,Masih kurang juga? Diatas sih udah termasuk tuning buat harian...
Kalo mau lebih lagi & punya dana lebih juga, mesin bisa diutak-atik...

#6. Papas blok head sekitar 0,8 mm
ini termasuk masih ukuran aman, Gunanya? Buat menaikkan kompresi di ruang bakar, Bisa diikuti dengan menghaluskan kulit jeruk di dalam ruang bakar & membesarkan aliran in & out (biasa dikenal porting & polish)...

#7. Bisa ganti ukuran seher jadi oversize 50 untuk awal Karena merek piston dari pabrikan biasanya hanya sampai oversize 100, Teorinya, kalo ternyata oversize kita udah 100, maka kita harus ganti blok piston, Kalo mau lebih, merek2 aftermarket juga menyediakan buat oversize diatas 100, Atau kanibal dari piston merek motor lain, biasanya dari kawasaki kaze, Tentunya diikuti sama pembesaran boring seher.

#8. Karena kompresi semakin padat & piston semakin besar ukurannya, Biar pembakaran sempurna, bisa diikuti dengan membesarkan ukuran klep, Bisa pakai klep punya shogun lama atau punya sonic, Per klep juga bisa pake merek2 aftermarket buat racing...

#9. Tambahan lagi
penggantian pilot jet PJ untuk para ngehe'ers yang karbunya masih standar boleh tuh mengganti Pilot Jet standar (ukuran 35) ke Pilot Jet Supra X 100/Grand Keihin Ori (ukuran 38) jikalau dapet settingan yang pas, pasti maknyus larinya.

NOTE : Perubahan MJ & PJ Konsumsi BBM bakalan lebih boros !!!!

#10.  per kopling, kampas kopling
apabila pengapian udah gede, otomatis bensin akan mudah terbakar dan tenaga motor akan meningkat biar tenaga yang ada ngga terbuang percuma, sektor kopling bisa diutak atik biar tenaga makin maknyus dan spontan.
untuk per kopling mereknya udh banyak dari TDR, CLD, BRT, Inspiro, DLL. tinggal dipilih aja sesuai dengan kemauan saja..