Cakram Suzuki Smash Titan Buat Blade



Suzuki New Smash 110 dan Smash Titan 115 desainnya beda-beda tipis. Selain desain bodi yang lebih kaku, kapasitas mesin hanya naik sekitar 5 cc dari yang New Smash. Tapi, walau nama depan sama, bukan berarti kampas rem depan bisa saling tukar. Ternyata beda bentuk.
Kalau New Smash didukung kaliper 2 piston. Sedangkan kepala babi (istilah anak bengkel) Smash Titan, hanya 1 piston dan berukuran besar.



“Jadi, jangan sembarangan beli di toko onderdil. Buat Smash Titan sering enggak ada," ucap Eta.

Cuma kalau memang enggak tersedia dimana-mana, saran Eta, gunakan kampas rem dari motor lain yang bentuknya sama. Misalkan punya Honda Revo Absolute atau Blade yang sama-sama pakai 1 piston kaliper. Kebetulan bentuknya sama dengan kampas rem Smash Titan.



"Harga kampas rem original kedua merek motor ini juga beda tipis. Punya New Smash sekitar Rp 22 ribu, lalu punya Blade Rp 25 ribuan. Cuma ya beda bentuk dan enggak mungkin bisa dipakai," lanjut mekanik di digang manggis ,semarang ,dekat kampus UNNES itu.
Tapi, bukan berarti menganjurkan pakai dari bebek Honda, lho. Kalau memang ada di bengkel resmi Suzuki juga enggak masalah pakai yang asli.



Nah, untuk pasangnya juga mudah jika ingin melakukan sendiri. Cuma siapkan kunci ring 12, obeng min dan kunci L 8 buat melepas baut panjang pemegang kampas di kepala babi.



"Prosesnya kunci ring 12 buat membuka baut pegangan kaliper. Obeng min buat melepas penutup lubang baut pemegang kampas yang nantinya juga dibuka pakai kunci L 8," imbuh Eta.