Inilah Kelebihan Sistem EFI
Biar enggak sembarang bicara, sebaiknya dilakukan pengujian konsumsi bahan bakar di varian injeksi dan karburator. Tentunya buat mencari varian pacuan mana yang lebih irit.
Test dilakukan di Honda Spacy tipe karburator dan Spacy PGM-FI. Mengunakan metode pengukuran full to full, tangki bahan bakar diisi hingga penuh dan batas yang sudah ditetapkan. Dites oleh satu pengendara biar perlakuan sama. Bobot rider, 70 kg.
Motor diajak berlari dengan perlakuan berkendara harian. Bahkan, juga sentuh kecepatan 90 km/jam. Setelah menempuh jarak yang sudah ditentukan, bensin di tangki kembali diisi seperti kondisi semula. Hasil didapat!
Varian tipe karbu, memberikan hasil konsumsi BBM yang lebih boros ketimbang injeksi yang dilengkapi sensor-sensor canggih. Pacuan karburator, mencatat hasil 31,4 km/liter. Sedang varian injeksi berhasil catat lebih jauh. Yaitu, 41,5 km/liter.
So, artinya varian injeksi mampu berlari lebih jauh sekitar 10,1 km lebih jauh dari semplakan karbu. Meski di karbu sudah dilengkapi throttle position sensor atau throttle switch sensor buat bantu atur bukan venturi dan kebutuhan bahan bakar, tapi nampaknya itu tidak cukup buat saingi keiritan motor injeksi.
Test dilakukan di Honda Spacy tipe karburator dan Spacy PGM-FI. Mengunakan metode pengukuran full to full, tangki bahan bakar diisi hingga penuh dan batas yang sudah ditetapkan. Dites oleh satu pengendara biar perlakuan sama. Bobot rider, 70 kg.
Motor diajak berlari dengan perlakuan berkendara harian. Bahkan, juga sentuh kecepatan 90 km/jam. Setelah menempuh jarak yang sudah ditentukan, bensin di tangki kembali diisi seperti kondisi semula. Hasil didapat!
Varian tipe karbu, memberikan hasil konsumsi BBM yang lebih boros ketimbang injeksi yang dilengkapi sensor-sensor canggih. Pacuan karburator, mencatat hasil 31,4 km/liter. Sedang varian injeksi berhasil catat lebih jauh. Yaitu, 41,5 km/liter.
So, artinya varian injeksi mampu berlari lebih jauh sekitar 10,1 km lebih jauh dari semplakan karbu. Meski di karbu sudah dilengkapi throttle position sensor atau throttle switch sensor buat bantu atur bukan venturi dan kebutuhan bahan bakar, tapi nampaknya itu tidak cukup buat saingi keiritan motor injeksi.